Koneksi Komputer atau Terminal Console ke Router

Port Console atau AUX adalah port manajemen. Port tersebut adalah
port serial asynchronous yang tidak didesain sebagai port jaringan.
Satu dari kedua port tersebut dibutuhkan untuk melakukan konfigurasirouter. Port Console dianjurkan untuk konfigurasi awal karena tidaksemua router mempunyai port AUX.



Ketika router pertama kali dijalankan, belum ada parameter jaringan yang dimasukkan. Oleh karena itu router tidak dapat berkomunikasi satu sama lain dengan perangkat jaringan lainnya. Untuk menyiapkan konfigurasi awal pasangkanlah pada komputer atau terminal RS-232 ASCI I ke port console pada router. Kemudian masukkan perintah konfigurasi kedalamnya. Satu kali konfigurasi tersimpan pada router maka router sudah dapat berkomunikasi dengan perangkat lainnya. Gunakan komputer atau terminal tersebut untuk melakukan perbaikan atau monitoring jaringan. Router juga dapat dikonfigurasi dari jarak jauh dengan melakukan koneksi melalui modem yang dihubungkan ke port Auxiliary. Kemudian modem dihubungkan ke jalur telepon. Administrator dapat melakukan koneksi melalui komputer yang terhubung ke modem menuju router tersebut.


Kemudian konfigurasikan software terminal emulation (contohnya Hyperterminal) pada PC untuk:
- Port serial (com) yang sesuai.
- 9600 baud
- 8 data bits
- No Parity
- 1 stop bit
- No flow control





0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Belajar TeKaJe | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan | rokcet's Profile on Ping.sg