Index CD pada Debian Berbasis text


Assalamualaikum Wr. Wb.
Debian memiliki kelebihan dibanding dengan distro linux yang lain. Debian memiliki repositori yang berisi semua software yang memang dibuat untuk distro debian. Software distro di dalam repositori ini sangat banyak sehingga terdiri dari sekitar 23 CD untuk debian 4.0 Etch atau sekitar 6 DVD.Dengan adanya repositori ini membuat instalasi sofftware-software tambahan lebih mudah. Dengan memanfaatkan perintah apt-get dan repositori yang dimiliki maka instalasi software menjadi cepat dan efisien.Perintah apt-get biasanya diikuti dengan kata kunci software yang ingin diinstall, dan sistem debian yang berjalan tidak akan mengenal kata kunci yang dimasukkan selama belum dikenalkan. Oleh karena itu harus ada cara untuk memperkenalkan kata kunci software-software yang akan diinstall. Teknik yang yang harus dilakukan adalah melakukan indeks CD repositori.Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan indeks CD :
langkah pertama untuk mengindex CD yaitu ketik: # apt-cdrom add. Trus masukkan CD-nya…tekan enter, karena CD 1 sudah digunakan untuk instalasi, jadi kita tidak perlu mengindexnya lagi. Unutk mengindex CD selanjutnya langka-langkahnya sama seperti tadi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Belajar TeKaJe | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan | rokcet's Profile on Ping.sg